Kamis, 27 Oktober 2016

Tugas I "Pengantar Telematika"

1.      Jelaskan peranan Telematika dalam penyampaian informasi dalam kehidupan  sehari-hari, Berikan contoh dalam bidang pendidikan?
Telematika Meupakan Teknologi Komunikasi Jarak Jauh, yang  Menyampaikan Informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan system digital. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirim data. Internet sendiri satu contoh telematika. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu system elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi media dan informatika. Peranan Telematika dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting sebagai sarana informasi seperti kebutuhan masyarakat dalam informasi berita yang sedang hangat pada saat itu, berkomunikasi menggunakan internet dengan kerabat, dll.
Contoh Peranan dalam Pendidikan :
  • e-Learning, e-learning singkatan dari elektronik learning merupakan cara baru media pembelajaran secara komputerisasi khususnya internet dalam pembelajarannya. e-learning ini tidak selalu menggunakan internet tapi juga ada pembelajaran meltimedia secara ofline. Banyak software e-learning saat ini.
  • e-Library, e-library singkatan dari electronic library merupakan perpustakaan yang sebagian besar bentuk bukunya adalah dalam bentuk format digital dan hanya dapat di akses melalui komputer. perpustakaan tidak seperti perpustakaan pada aslinya tetapi dalan virtual perpustakaan ini menyimpan semua e-book dan kita dapat mengunduhnya secara gratis.
  •  e-Book, e-book atau buku elektronik merupakan berupa buku yang dapat dibuka dengan elektronik melalui komputer. ebook ini biasanya berupa file yang isinya berupa informasi dari sebuah buku dalam bentuk yang ringkas. dengan ebook kita dapat belajar melalui komputer, kita juga dapat menyimpan ebook sebanyak-banyaknya tanpa harus membeli buku.

2.     Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen apa saja yang menunjang layanan telematika?

a.  Content, adalah sebuah data/informasi yang mendukung telematika, tanpa adanya content telematika hanyalah seperti sebuah piring kosong yang tidak ada fungsinya yang disimpan di dalam lemari. Dengan adanya content sebuah piring kosong tersebut akan bisa digunakan orang dan dapat berguna untuk masyarakat luas.
b.  Computing, adalah system pengolah data/informasi sehingga data/informasi tersebut dapat dinikmati dan berguna bagi orang. Tanpa adanya computing yang baik maka data/informasi tersebut hanya akan menjadi data sampah yang tidak berguna bagi siapa saja. Sebaliknya dengan computing yang baik, maka data/informasi tersebut akan menjadi buruan setiap orang di dunia ini.
c.  Communication, adalah system komunikasi yang memungkinkan telematika dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Tanpa komponen ini telematika hanya bisa menjadi wacana/teori yang diseminarkan saja. Dengan dukungan komponen ini, telematika dapat hadir di tengah-tengah masyarakat dan dimanfaatkan dengan maksimal.
d.   Community, adalah masyarakat pengguna telematika itu sendiri. Dengan adanya community, telematika dapat menjadi sesuatu yang berguna sesuai fungsi dan tujuan telematika diciptakan. Dengan community juga bisa mendorong perkembangan telematika karena pada dasarnya kebutuhan orang semakin hari akan semakin meningkat dan untuk mewujudan kebutuhan yang semakin meningkat tersebut dibutuhkan teknologi telematika yang lebih advance.

3.      Sebutkan hal-hal apa saja yang didapat dari perkembangan layanan telematika, Jelaskan?
  • Kemudahan dalam memperoleh Informasi secara cepat. Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya sehingga mengurangi adanya distorsi informasi.
  • Kemudahan dalam memperoleh data. Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.  
  • Penghematan Waktu. Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet / Hanphone Genggam.

4.      Bagaimana mengindari dampak negatif dari perkembangan telematika, Jelaskan?  
Untuk menghindari dampak negatif dari perkembangan telematika adalah dengan menggunakan teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan dan mengurangi kegiatan yang terus menerus  mengacu pada produk teknologi informasi, sehingga sulit untuk bersosialisasi. Kemudian, pengguna informasi harus lebih selektif dalam memilih informasi apa saja yang didapat dari internet dan mencari tahu kebenaranya sebelum mengambil informasi tersebut, sehingga kita dapat menghindari hal-hal yang dapat merugikan kita sebagai pengguna layanan telematika.   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar